Dalam rangka menumbuhkan sikap akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan, menjadi dasar dan latar belakang G Suites Hotel melakukan kerjasama dengan EcoSpenSix SMPN 6 Surabaya.

Bentuk kerjasama tersebut adalah pemanfaatan dan pemasaran Jerum (Jelantah Harum) yang menjadi materi utama dalam kerjasama ini.

Limbah minyak jelantah yang didapat dari sisa penggorengan seringkali dibuang begitu saja. Padahal, sifat minyak yang tak larut air membuat limbah jelantah ini menyumbat saluran air dan merusak kualitasnya. Bahkan di tangan orang-orang yang tak bertanggung jawab, minyak jelantah ini bisa dicampur bahan berbahaya seperti H202 atau hidrogen peroksida agar kembali tampak jernih dan dianggap minyak baru. Padahal bila digunakan minyak tersebut akan memicu penyakit jantung dan kanker.

Minyak Jelantah hasil pengolahan dari dapur The Gardener Cafe, salah satu restaurant di G Suites Hotel, dimanfaatkan oleh beberapa siswa-siswi SMPN 6 Surabaya yang tergabung dalam wadah EcoSpenSix diolah menjadi pengharum ruangan, sabun mandi serta pembersih lantai.

“Saya sering lihat tetangga buang minyak jelantah di selokan, terus saya searching di internet tentang pengolahan minyak jelantah. Ternyata minyak jelantah bisa dibikin pengharum ruangan,” jelas Christabel Ariowina. Siswi kelas VIII SMPN 6 Surabaya.

Berbekal belajar online via internet, Abel dan kawan-kawan belajar cara membuat pengharum ruangan dari minyak jelantah. mereka membuat pengharum ruangan dengan beberapa jenis aroma, diantaranya floral, aromaterapi, dan fruity.

Intan Alice Kurnia, General Manager G Suites Hotel mengatakan, sudah menjadi kewajiban dunia usaha untuk membantu dan memberikan support untuk kegiatan positif ini. “Peran dunia usaha dalam hal kepeduliannya kepada lingkungan sifatnya wajib. Dunia Usaha tidak hanya berfikir dari segi bisnis, namun juga harus peduli dan tanggap terhadap lingkungan sekitar. Salah satunya adalah kerjasama G Suites Hotel ini dengan SMPN 6 Surabaya.” Terangnya.

Dalam kegiatan penandatanganan MOU yang di helat di The Gardener Café, G Suites Hotel, Selasa 5 November tersebut, hadir juga Kepala Sekolah SMPN 6 Surabaya, Bapak Ahmad Sya’roni , S.Pd., M.Pd; Bapak/Ibu Guru Pembimbing SMPN 6 Surabaya dan siswa siswi nya; Bapak Alex dari Kecamatan Gubeng; Ibu Mega Rahayu sebagai Ibu Kelurahan Gubeng; Presiden Tunas Hijau Indonesia, Mochammad Zamroni; serta Ibu Elant selaku perwakilan dari Amithya Hotels & Resorts.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan semakin meningkat. Pun bagi G Suites Hotel, kegiatan ini diharapkan dapat membantu adik-adik dari EcoSpenSix SMPN 6 Surabaya mengembangkan kemampuan serta kapabilitasnya dalam menjaga dan merawat kelestarian lingkungan serta dalam hal pemanfaatan dan pemasaran Jelantah Harum (Jerum) bagi masyarakat kota Surabaya.